Daisypath Anniversary tickers

Friday 2 July 2010

Pay day? Mayday!

Gajian telah tiba Hore Hore Hore!
Hari gajian disambut gegap gempita dengan serbuan diskon-diskon! Dengan alasan Jakarta Great Sale, End Season Sale, Stock Clearance, what so ever reason that pull people to buy more than they have to.


Tahun lalu (dan beberapa bulan lalu selama hampir dua tahun gue kerja) setiap kali gajian, gue selalu merasa, i had worked hard therefore i deserve something really good for my self. Sale adalah momen spesial dimana gue bisa beli barang yang gue mau plus satu barang tambahan yang gak terlalu gue butuh dengan satu harga, atau dapetin barang yang sama sekali gak gue butuh dengan harga murah.
me in those past days
Bulan ini gue senang saat gajian banyak deadline kerjaan, so i can't join all of the people having a joyful sale moment at branded store. And surprisingly i don't know whatever goes into me, won't let me go shopping like crazy or i have moved my orientation from clothes, bags and shoes into another fancy stuffs. Hehehe.

from fancy stuffs to another fancy stuffs



Tetapi tetap saja, begitu gajian datang, datang pula lah berbagai tagihan, bagaikan lingkaran setan, duit numpang lewat aja di rekening gue, Arrghhhhhh!

Oke dan demi untuk memenuhi impian gue, mulailah beberapa bulan kemarin kita hidup hemat mengencangkan ikat pinggang, dan gue akan berbagi tips hidup bahagia dan senang saat hemat.

Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian
Ini adalah pepatah yang gue pegang teguh. Kesenangan hanya bisa dirasakan kalau kita pernah merasa menderita. Bukan berarti kita harus menderita, tapi menurunkan sedikit level gaya hidup kita.

Makan:
Tiap hari makan di luar (mall atau resto) coba weekdays makan di rumah, kalo ga bisa masak, food delivery ke rumah (minum gratis di rumah, hehe). Makan di luar pas weekend aja, pasti saat weekend terasa spesial karena udah lama gak makan enak.

Tetapi selera perut mana bisa tahan, jadi gue kasi tips makan kw (ibarat Mangga Dua, makanan juga ada KW 1, 2 dan 3) tapi tips ini versi gue ya (makanan yang gue dan laki gue suka aja).

-Chopstik, gue hobi banget makan Kwetiau Chopstick yang rasanya harganya bukan makin murah malah makin mahal. Sebagai pengganti gue suka makan Kuetiaw Akiat di Jalan Dr. Satrio, depan Mall Ambassador. Rasanya enakk dengan harga bersahabat pastinya!
-Kenny Rogers Roast Chicken, laki gue hobi bgt ni ayam segede gajah. Sebagai penggantinya kita makan Roast Chicken di Food Hall (favorit kita yang di Senayan City ada honey-nya di food hall yang lain suka ga ada)

-Fast food (BK) yah gue berganti ke selera lokal AH restaurant, mantab murahnya, rasanya oke, dan gue ketagihan giant brownie ice cream-nya hanya 12.500 sajaa!

-Nah buat restoran favorit yang belum ada penggantinya, bisa diterapkan sistem pengurangan menu. Misalnya, Grand Duck King, buat yang ini belom ada penggantinya, karena rasa bebeknya tak tergantikan. Tapi kita sudah mulai mengurangi menu, biasanya bebek 1/2 jadi 1/4 (kolesterol juga bo) tadinya pake cumi sekarang gak usah (kolesterol juga), sayur tetep (yang harganya paling murah), biasanya pakai chicken feet dan bola-bola wijen sekarang salah satu aja (bahkan yang lalu engga pake dua-duanya), minumnya dua-duanya green tea (refill-maunya satu aja tapi laki gue harus dingin kalo gue harus panas) and no pickle please (lumayan hemat 6000).

Akomodasi (rumah/kos dan mobil):

Bensin, untungnya harga premium 92 lagi turun sebulan ini, membantu program hemat gue. Ngisi bensin di malam hari (katanya kalo malem suhu bumi dingin, massa bensin menyusut jd banyak masuknya, tp ya kalo malem gak macet juga ke pom bensin), dan isi penuh biar ga bolak balik, kalo pagi gak pake AC, sekalian ngeringin rambut (makanya rambut gue berantakan plus bau asep hahaha). Kalau pergi ke beberapa tempat usahakan pergi ke tempat-tempat yang sedaerah, misal hari ini potong rambut+makan siang+makan malam semua di daerah yang sama PP-senopati-trunojoyo. Maksimalkan penggunaan transportasi umum, misalnya busway dan kereta.
Bagi yang punya rumah, listrik baru naik 10%, saatnya menghemat listrik, matikan lampu yang tidak dibutuhkan, dan copot semua alat elektronik dari soket listrik. Gue pribadi, kalo lampu WC putus gue biarin, lumayan hemat (ato males ganti)

Hiburan:

Nonton bioskop juga milih-milih sekarang, di XXI film bagus boleh di bioskop bagus pas weekdays aja (bira murah, kalo weekend harganya mahal bo!), film biasa di bioskop cupu aja ato DVD. Di Blitz kita beli passport Blitz, lumayan 125.000 IDR untuk 2 kali nonton weekend dan 3 kali nonton weekdays. Hemat! Kecuali punya kartu kredit yang ada promo buy 1 get 1 (kebetulan kita gak punya a.k.a ditolakin mulu pas apply) sih anytime sok aja kalo mau nonton (biasanya kita ikut numpang temen yang punya kartu buy 1 get 1), hehehe.

Salon, kebutuhan hair spa pindah ke sauna fitnes, jadi habis fitnes sekalian bawa scrub dan hair spa, cuci rambut dulu baru masuk sauna deh lumayan gratisan. Hahaha. Kalo niat scrub sekalian. Pijet, dari Sanctum pindah ke Mbok Pijit, tanpa aroma terapi memang, tapi harga gak bikin kantong jebol!

Sisanya gue berusaha saving lewat gak keluar ke mall, macet+bensin+parkir+hasrat belanja besar, kecuali bayar tagihan ato bener-bener ada yang dicari.
Oke itu adalah sedikit tips hemat bahagia. Mungkin yang lain punya tips hemat? Please share with us.
Hemat pangkal kaya Warga bijak taat pajak

1 comment:

  1. hahahhahaaaaa! akyu juga punya tips hemat: punya suami/pacar yang lembur mulu jadi emang ga pernah kemana2, super hemat!

    ReplyDelete