Daisypath Anniversary tickers

Friday 26 November 2010

Singapore: Jebakan Betmen Kota Singa

Rasanya tidak perlu catper mendetail soal Singapore, setiap orang pernah ke sana dan kotanya well organized dengan transportasi yang terintegrasi dengan baik, so u'll be fine lah. Asal punya duit dan tidak disorientasi arah (separti gue).

Yes, Singapore termasuk kota yang biaya hidupnya mahal. Celakanya kali kesana ketika nilai tukar IDR melemah tergadap SGD, crapo! Untuk cerita petualangan kita selama tiga hari di Singapur akan dibahas di tempat lain.

Sekarang gue akan meng-highlight hal-hal penting (atau ga penting) selama perjalanan kami kemarin...

1. Please keep in mind rate SGD itu diatas rupiah (at Nov 2010)

Jangan salah, hari pertama di Singapoh, baru sampe langsung ngelencer ke Orchad Rd. yang terkenal... Laper nih, beli Old Chung Kee, habis 7 SGD, langsung "murah ya cuma 7 SGD". Sadarnya baru kaya 10 menit kemudian
Si Muka Lebar *mulai ga yakin*: "Beb, 7 SGD itu berapa rupiah 21 rebu yah?"
Si Kaki Berbulu: "Iya... Eh, engga deh itu 7 THB baru 21rebu... 1 SGD kan 7000.."
Si Muka Lebar *syok*: "Buset, itu mah hampir 50 rebuu....."
Nyemil segitu mahal lngs ga makan malam.... Untung sadarnya cepet, kalo engga besok pagi bisa beli  kamera 1200 SGD, beli 3 biji... Ckckckck
Mana air mineral mahal pulak... alamak!

2. Mostly barang-barang yang dijual di Suingapur sama dengan mall di Jakarta. Tapi mall-mall di Jakarta jauh lebih bagusss. Selisih harga gak signifikan ah, beberapa merk murah Singapura dengan model barang yang lebih baru.

3. Barang elektronik lumayan murah (terutama kalau dapet tax refund) cuma ada charge 3% untuk penggunaan kartu, itu sih agak ganggu. So prepare cash kalo emang niat beli barang mahal (Misalnya kamera).

4. Selain dikenal sebagai kota denda, Singapur juga punya banyak jebakan betmen soal perduitan...
Jadi hati-hati:
- Tiket MRT selalu tukar karena nilainya 1 USD (lumayan beli es roti di pinggir jalan)
- Telpon itu minim 10 sen, masukin 50 sen gak bakalan kembalian 40 sen (biar kata digedok2 telpon koinnya), apesnya kalo harus make seveal calls, dan ga punya pecahan 10 (pecahan 50 semua) dan miskin ga pny duit, lagi ngirit! Rasanya pengen gue telen bulet-bulet tu mesin telpon koin!!!
-Hati-hati beli tiket MRT beberapa mesin tidak memberikan kembalian, sistemnya sama kaya jebakan betmen telpon koin, cuma kerusakannya bisa lebih fatal. Misalnya di bandara, karena malas ngantri cari mesin yang kosong (ternyata khusus uang pas), masukin lah 5 SGD si dua orang Indonesia yang baru sekali ke Singapur, harga tiket cuma 2,3 SGD (termasuk kartu)... kembaliannya 2,4 SGD... kembalian emprettt...  Herannya, bisa-bisanya mesin jebakan betmen itu ditero di BANDARA!!!! What's on their mind, bayangin aja kalo orang masukin 20 SGD atau 50 SGD... Sompret!

5. Singapur biar kata kota bersih, WC mall-nya ya ampun... parah... padahal mall bagus, payah ah...

6. MRT mati jam 12 but technically 11.45 ud ga ada... setidaknya gue ketinggalan MRT di Farrer Park, hanya selisih 1 menit (11.46) ada tulisan the last train has just departed!

Dan please bgt tabok aja kalo ada yang ngomong (Kondisi: lg jalan buru-buru ditengah keramaian Mustafa Ceter) "Tenang aja, masi jam 11.30, kereta terakhir jam 12..." Better be waiting than sorry... Kecuali situ mau gendong sayah *yang mana situ ga mau juga kan*... (Sukses jalan kaki dengan gondok setengah mati plus kaki super pegel tengah malam dari Farrer Park ke Little India *our hotel exactly* seandainya gue bisa ber-disapparate *sigh*)

7. Singapura dengan suhu panasnya yang alamak jang dan hujannya... Prepare bawa payung deh. Walaupun eike tampak bagai embak-embak (Nampaknya perlu beli payung solid color yg lebih sophisticated), namun terlindungi dari panas dan hujan.

8. Bawa tas lagi. Walaupun datang dengan komitmen ga beli apa-apa akhirnya memang kita beli sedikit oleh-oleh dan titipan orang sehingga tas kami beranak. Kami pergi tanpa bagasi dan kembali dengan satu tas extra.

9. Ter-gak penting... Banyak tangga aborsi, sebagian tangga bunuh diri... hiii... hati-hati naik tangga,,,,

10. Siapa bilang Singapur bebas rokok?? Di trotoar Orchard Rd. banyak abis yang ngerokok... Benci.. Benci...Benci... Sebel!

11. Singapura kan mostly orangnya bisa bahasa Inggeris, tapi Singlish itu sungguh berbeda... Sumpah gue ga ngerti tu orang ngomong apaan... Apa emang gue yang dogol yak?

So far belanja dengan best value paling oke di IKEA... jadi pengen balik lagi... walo pun muter-muter ga jelas nyari IKEA... Tapi karena kotanya cukup aman, kami pun tenang jalan-jalan, meski gak tau jalan. Cuma satu aja, gue berasa Cinderella, sebelom jam 12 ud musti deket-deket hostel, berabe bo kalo telat bali, bisa terlantar... mau jalan kaki dari mana pun kita terlantar? No tengkiyu deh... Maklum taxi kan after midnite harganya naik 50% (Gak mampu!), walaupun ada night bus... tapi udah jarang...

Dari liburan nekad kemarin (kenapa nekad baca disini), kami cukup sukses dan menyisakan beberapa SGD yang bisa ditukar untuk nambah biaya hotel. So, far kita senang dengan liburan ini...
Semoga kami bisa kesana lagi dengan kondisi keuangan yang lebih baik... Hehehe

No comments:

Post a Comment