Daisypath Anniversary tickers

Saturday 25 August 2012

Our First Tour: Honeymoon Package

Belitong, Belitung, ada juga yang bilang Bangka-Belitung, kepulauan di Sumatra, yang jaraknya sangat dekat dari Jakarta. Belitung terkenal karena novel Andrea Hirata, Laskar Pelangi.

Mengapa kami (baca: Muka Lebar dan Kaki Berbulu) ke Belitung? Karena kami sedang hunting pantai, pantai terakhir kami adalah jajaran Pantai Selatan yang nanti akan ditulis kemudian dalam catatan elektronik ini (mengapa kemudian? Padahal pengalaman Pantai Selatan terjadi lebih dulu, karena pengalaman ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dituliskan).

Informasi dari googling tentang Belitung banyak menunjukan kepada sebuah paket tur. Hm, nanti dulu lah. Kami adalah aliran ucul dewe (*lepas sendiri) biar sesat dijalan asal gak pake nanya. Kalo mau trip ya riset sendiri, bekal peta-gps, sebisa mungkin gak nanya. Tapi setelah muter-muter riset pulau ini, semua sumbernya adalah paket tur! Apa harus go show aja? Begitu?

Dengan banyak pertimbangan, kita memutuskan untuk ambil paket tur, justifikasinya hanimun. Hahaha. Berhubung kita gila kerja (taeah padahal gak dapet cuti aja), abis akad dan resepsi hari jumat-sabtu, senin besoknya kita ud lngs kerja kaya biasa... gak ada tuh bulan madu keliling eropa 10 hari, atau sekedar ke bali 1 minggu.... ato ke puncak deh hari minggunya... hehehe...

Paket Honeymoon it is, untuk berdua, 3 hari 2 malam. Yaaay! Bagaimanakah our so called hanimun?
Gue ceritakan dengan singkat pengalaman gue mengikuti tur, untuk keindahan Belitung dan tempat yang kami kunjungi kita bahas lain waktu biar lengkap sekalian dengan fotonya (maklum mana percaya yang baca bilang bagus kalo ga ada buktinya---pertanyaannya bukan percaya gak percaya//emang blog ini ada yg baca? Hehehe).

1. Paket Hanimun enak! Peserta cuma ber2, kegiatan bs dimodif seenak jidat sesuai kemauan peserta yang cuma 2, kita bisa skip liat sunset (karena istrinya mendadak migrain berat)

2. Paket Hanimun enak! dengan peserta cuma 2, mobilnya 1, kapalnya 1, snacknya buat 10!!! HAHAHAHA! Makanan melimpah...

3. Paket tur itu enak, karena guidenya bisa disuruh motoin. Kalo sodara-sodara perhatikan foto2 jalan-jalan si Muka Lebar dan Kaki Berbulu, terlihat lah mayoritas foto kami sendiri2, ya wong ngambilnya ganti2an. Kecuali nyolek turis Jepang di Bangkok, biar dia (she) mau motoin kita dan si Kaki Berbulu gantian motoin dia (she), ato di Ha Long minta bule Jerman yang gak bisa basa Inggris tapi bisa moto, motoin kita. Mas guide kita, oke bgt pilihan posenya, bak foto pre-wed kita dibuatnya (HIHIHI =D). Terutama bagian bawa barang, maklum hotel kita adalah cottage dibawah tebing, anak tanggal 96? 100? pokoknya banyak, harus dilalui dari atas menuju ke kamar.




Our Tour Guide ('Mas Rizal') in Action


4. Konten Lokal, mengapa konten lokal penting? di pengadaan barang dan jasa TKDN sangat penting, pengadaan bisa gagal karena konten lokal kurang! Begitu pula sebuah trip, orang lokal lebih tau sejarahnya, ceritanya, detail daerahnya. Mas guide kita, seorang pemuda asli asal Belitung sangat pintar, tau banyak hal, pengalamannya pun banyak. Bagian terbaik saat perjalanan adalah ketika kita berinteraksi dengan warga lokal berbagi kisah dan pengalamannya. Tapi konten lokal bisa didapat tanpa ikut tur yah, ucul dewe juga bisa dapat kenalan lokal hehe...

5. Enaknya ambil Paket Hanimun, pasti selalu ada bagian candle light dinner. Our very candle lite dinner dan kita gak ngeh malam itu jadwalnya, jadilah kostum kita acakadul, si Muka Lebar dengan Jaket ojek, pasminah, bau minyak kayu putih, kaga pake mandi dan sisiran (bekas teler berat karena migraine) dan si kaki berbulu cuma celana pendek dan sendal jepit. =D

6. Most of all, ambil paket tur membuat semua ringkes dan mudah, we get the best scene, best spot at the right time (island hopping dan dapat spot bagus saat sepi), hanya dapat terjadi karena guide kita tau betul jadwal dan urutan island hopping turis pada umumnya, ada pulau yang hilang saat sore, dan waktu yang terbatas... guide benar-benar membuat perjalanan efisien, nyaman dan aman...

Secara keseluruhan, pengalaman tur kami memang menyenangkan, terutama karena ini private tour (hanimun cm ber 2), walaupun eh walaupun, kita dapetnya kamar twin bed, plis deh single bed yg kecil pulak (pas mau ganti kamar, uda males--capek naik turun) salah hotelnya, lagi pula benernya bukan hotel yang dimaui, yang dimaui penuh.

Ternyata ikut tur lumayan juga kok. Mungkin kami mau ambil pake tur lagi nanti, suatu saat nanti untuk mengunjungi Gunung Kilimanjaro, maklum kita kan bukan pendaki gunung... Hehe.

Note:
Kami ikut tur belitung island detailnya dapat dilihat disini


Si Kaki Berbulu di atas Kapal

4 comments:

  1. mass, pake paket tour yang mana ya :D mohon referensi donk, minat juga soalnya. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Halo...
    Boleh tau ambil tour drmn? Pengen ambil paketan bwt honeymoon jugaaa. .makasiihh

    ReplyDelete
  3. Halo semua, maaf dikata "Disini" klik aja sudah ada link belitung island-nya. www.belitungisland.com

    ReplyDelete