Daisypath Anniversary tickers

Tuesday 5 April 2011

The Apple Project

Sebagaimana diketahui bersama. Kalo si Muka Lebar suka makan dan si Muka Lebar cinta dessert. Bukan sembarang dessert. Chocolate warm cake/chocolate volcano/sebutan lainnya boleh jadi enak. Tapi tak ada yang seenak dessert yang pake apel. Yes. Apple pie, apple tarlet, apple crumble, apple cobbler are all delicious.

Mari dibahas, sebagai mana telah disebut dalam posting sebelomnya. Tidak ada yang mengalahkan kelezatan grandma's apple tarlet-nya ninety nine. Apel manis lembut diatas, pie kering gurih hangat, dengan es krim vanilla, dengan bubuk kayu manis, dan saus karamel sebagai pemanis. Heaven!
Si Muka Lebar favorite!



Setipe dengan yang diatas ada Bakerzin, juga pernah dibahas sebelomnya
Bakerzin apple pie

dengan komposisi nyaris sama, crusty apple pie, dengan vanilla ice cream on top of it dan apple fillingnya ada kismisnya. Apelnya juga lebih generous, tp tekstur dan rasa pie-nya, rasanya oke yang Ninety nine. Jadi apple pie hangat dan ice cream dingin, rasanya selalu Enak!

Ada yang baru dicoba si Muka Lebar Apple Cobbler di Spaggedis.
The giant apple cobbler

Jadi ini adalah semacam apple pie dengan pinggiran yang padat, semacam based cookies untuk cheesecake. Rasanya dasarnya tidak terlalu manis, tidak keras dan diatasnya ada apel yang sudah dimasak dengan kayu manis, diatasnya ada crumble, remahan kacang-kacangan (macademia, walnut, almond?) dan si pie yang jadi dasar (sepertinya) disajikan dengan eskrim vanilla. Asiknya porsi hidangan ini JUMBO! Rasanya sendiri lumayan, karena si Muka Lebar suka semua kecuali bagian kacangnya. Jadi tidak begitu spesial selain porsinya yang gede, rasanya ya apple cobbler.

Sodaranya dijual tepat diseberang si Apple Cobbler, yaitu Apple Crumble di Coffee Club.
The pretty apple crumble

Porsinya lebih standard. Tidak besar. Lapisan dasar pienya jelas, dan layering apel sebagai isi pienya lebih jelas. Sungguh cantik dilihat dari samping, diatasnya ada remahan pie. Ditaburi gula halus dan cinnamon powder dan ice cream vanilla. Rasanya yummy !! Pie-nya lebih keras dan gurih, apelnya lembut dan tidak telalu manis, crumble pie-nya juga renyah dan manis karena gula putih diatasnya. Worth to try!

Si Muka Lebar pernah makan apple pie di sebuah restoran mahal, tetapi memilih untuk tidak membahasnya, karena kecewa. Apelnya asem sekali. Walaupun pie basednya enak. Hiks sebal.

Selain dessert apel dengan bahan dasar pie, Seribu Rasa dengan cita masakan peranakannya punya apple and banana crepe (lupa judulnya to kayanya crepe deh) digulung dalam crepe lembut yang hangat jangan lupa sausnya, karamel dan apel, dengan es krim vanilla dan lagi-lagi si cinnamon powder. Enak sekali!

Menurut si Muka Lebar, dessert apple yang enak itu adalah pie gurih renyah yang hangat dengan apple filling yang manis (jangan kemanisan) with a hint of cinnamon dan vanilla ice cream yang light. Suatu hari nanti si Muka Lebar bercita-cita pasti akan membuat pie apple yang enak. Hahahahaha!

*selama masi belom bisa bikin, beli aja dulu. Hohoho. Pic yang di Seribu Rasa menyusul yah.


Published with Blogger-droid v1.6.7

7 comments:

  1. salaaah banget baca ini dikala puasa.. eeh, apaaa itu maksutnya choco volcano boleh jadi enak? itu enyaaaak benerrr tauk.. ;D

    ninety nine itu dimana yu? gue juga suka dessert!! udah coba apple strudelnya the strudels?
    btw, frozen apple pie yg dijual di supermarket aja menurut gue enak2 aja loh..

    ReplyDelete
  2. Gue sih benernya gampangan. Semua enak-enak ajah! Hahaha! The strudels dimana tuh?

    Ninety nine di Grand Indonesia, deketnya Ranch market...

    volcano chocolate itu yg choco cake yg coklatnya melting didalemnya,,,mungkin next project gue bahas tipe cake gituan. Hahaha *lupa diet*

    ReplyDelete
  3. brarti lo bakalan suka sama risol ajaib yg apple pie. Hahaha,, udh coba beluuummmm...

    ReplyDelete
  4. Seriusan Yu, Risol isi apel? Hebat! Luar biasa inovasi kuliner akhir2 ini.. Hehehe

    Beli dimana?

    ReplyDelete
  5. the strudels di jalan progo bandung yu.. deket jonas photo

    gue juga lagi ngumpulin ni, mau bikin review soal chocolate volcano heuheuheu..

    eeeh, wedding blog kamu kok menghilang?

    ReplyDelete
  6. namanya Risol Ajaib yu.. Kmrn2 sih buka stand di Kalibata City. Tp skrg udh tutup ktnya harga sewanya naik. follow twitternya deh. Gw sih doyan.. ah gw mah smua doyan. hahaha...

    ReplyDelete
  7. @Ana: Gue udah coba! Enak! Gue baru sekali makan yang tipenya kaya Apple Strudels!

    @Ayu: Udah ga ada dooong -_-'

    ReplyDelete