Daisypath Anniversary tickers

Wednesday 30 March 2011

Vietnam: Hemat pangkal Kaya

21 Maret 2011
Well, akhirnya inilah hari dimana proyek travelling terambisius 2011 terlaksana. Perjalanan ke Vietnam memakan waktu sekitar 3 jam lebih, dengan pesawat LCC andalan, si Merah,  si Muka Lebar dan si Kaki Berbulu memulai perjalanan ini. Dari pengalaman Bangkok sebelumnya si Muka Lebar sudah belajar, kalau penerbangan 3 jam itu lapar sekali... belum 2 jam terbang perut sudah kruyuk..kruyuk. Jadi si Muka Lebar melakukan pre-order (kalau order di pesawat selain lebih mahal pelayanannya menunggu pre-order dilayani dulu, lama!) we picked Asian Fried Chiken... yang ternyata rasanya anyepnyo luar biaso . Untung cuma pesen sebiji, buat berdua (Yes, hemat!)
Asian Fried Rice

Tiba di Tan Son Nhat Saigon/ Ho Chi Minh City jam 8 pm. Bandaranya tidak terlalu besar. Begitu keluar bandara kami langsung berkeliaran untuk mencari tempat tidur yang layak... Well, yes si Muka Lebar dan si Kaki Berbulu akan nginep di bandara malam ini, mengingat flight besok ke Ha Noi adalah flight pagi jam 8. We don't want to risk our flight, so we risk our self (lebay). Ditambah lumayan menghemat uang (ongkos ke hotel dan nginep semalem), hemaat lagi!

Terminal Kedatangan Internasional terletak di lantai 1, dan akhirnya dua petualang kere memutuskan untuk menaruh tas di bag deposit seharga 1 USD/hour/bag (tadi mau nero sampe pagi, biaya untuk 10 jam lebih adalah 10USD/bag, 2 backpack means 20 USD, si penjaga bag deposit sampe nanya "why dont you go to a cheap hotel, only 5 USD per night? " *dengan bahasa inggris patah2* ketika mendengar kita mau nginep di airport dan mau titip tas, traveller yang bodoh... mending nitip tas 20 dolar dari pada nginep di hotel???) tenang, akhirnya kita ga nitip tas selama itu...

Di depan bandara ada mall,  tulisanya CT apa gitu, si Muka Lebar dan Kaki Berbulu berjalan ke mall dan membeli amunisi menginap malam ini. Setelah muter-muter bandara (terminal internasional dan domestik) Akhirnya pilihan tempat untuk tidur jatuh pada terminal internasional lantai 4, dekat cafe celebration yang ada wifi (yes, kita dapet password-nya gara-gara dikira mo makan disitu tapi kita sebenernya gak makan!), dilengkapi dengan colokan, pilar gede lumayan buat nyender, depannya ada demo kursi pijet, tak jauh dari WC tapi gak deket juga sampe ke bau-an. Mantab bukan? Best location nih...

Ternyata, tidur di bandara gak seenak yang dibayangkan, karena berisik, tiap jam ada halo-halo pesawat. Giliran pesawat udah gak ada giliran suara mesin pembersih. Lantainya dingin dan keras, belom silau. Tapi lumayan menghemat ongkos... Jadi tips buat nginep di bandara:
1. Bawa ear plug (berisik);
2. Bawa eye mask (lampunya matinya pas jam 2-an);
3. Bawa alas buat bobo (pan melantai kitah... kalo ada rain cover backpack bisa dipake, ato kemeja pacar buat nambah2in);
4. Bawa kain buat selimut (si Muka Lebar pake pasminah);
5. Bawa kasur lipet; (lantai keras man! Yang ini masi belom nemu solusi mudahnya apa)
6. Bawa bantal; (gak mau leher tengeng kan? Solusi alternatif bisa backpack bagian busa2 pungungnya--walaupun ketinggian bikin tengeng juga-)
7. Bawa guling (sungguh kaki salah posisi mulu, bingung mau ngapain, jadi biar ga mati gaya bawa guling paling enak. Kalo ga ada bisa pake ransel kecil -walaupun tekanan paha segede gaban bisa bikin roti gandum breadtalk di dalem tas  lonyot ampe seukuran keju craft-)
8. Gak usah bawa malu, ditinggal aja. Muka badak.
Si Kaki Berbulu dengan gaya Pangeran Tuxedo dan si Sleeping beauty di belakangnya

Jadi awalnya kita mbambung saat bandara masih cukup ramai. Jadi lumayan diliatin orang-orang. Tapi begitu pagi, ternyata banyak juga yang tidur dilantai itu...

22 Maret 2011
Halo matahari Vietnam!
Demi hemat, si Muka Lebar bangun dengan badan pegal dan leher tengeng tapi hemat! 

Jam 6 am, kami sudah berjalan ke Terminal Domestik yang jaraknya hanya 5 menit saja dari Terminal Internasional. Ternyata untuk check in di counter Vietnam Airlines hanya satu antrian (untuk banyak counter untungnya), dan antrian yang cuma satu itu kaya ularnaga panjangnya bukan kepalang. Dengan penumpang berbagai tujuan. Entah orang Vietnam telatan ato terlalu santai, setiap menit ada crew Vietnam Airlines teriak2 "Noi BA" "Hue" "bla-bla Trang" macem-macem lah, manggilin penumpang yang pesawatnya mau terbang tapi masih terjebak di antrian mengular ato malah belom dateng?

Setelah 15 menit mengantri, sampailah kami ke counter check in dan nyaris ditolak karena tidak bisa menunjukan kertu kredit saat pembelian, bodohnya itu kartu sudah rusak hancur, si Muka Lebar hanya bawa pecahan kecilnya. Dan dengan susah payah menjelaskan kartunya rusak, dan diganti kartu baru, issuernya dan nama card holdernya sama. Tapi si mas2 bolak balik nanya kartunya mana... Hadooohhh ngerti bahasa inggris gak sehhhh... Sampe si Muka Lebar emosi dan bilang berulang-ulang rusak dan menunjukan potongan kecil si kartu rusak. Dia telpon atasannya, si bos dateng, nanya hal yg sama (cape deh) setelah si bos halo-halo lagi, akhirnya bisa check in. Kampret!

Ketika masuk ke ruang tunggu, lagi-lagi kami ditolak masuk karena bawa tripod (di Bandara Singapura yang strict aja masi boleh), ternyata di Bandara Vietnam  sama sekali gak boleh bawa besi/tongkat/air/dll. Akhirnya pergilah si Kaki Berbulu ke check in counter buat masukin tripod ke bagasi (Berasa amazing race, deg deg ser di bandara). Dan muncullah si Kaki Berbulu, yaaay! Kami pun langsung masuk ke pesawat.

Pesawat Vietnam Airlinesnya besaaarrrr sekali (maklum kampungan gak pernah naik pesawat terbang gede), sederet dari A-H (biasanya naik cuma A-F). Wiiihhh, ada tipinyaa di kursi (kampungannya mentok si Muka Lebar), ada telpon nempel di rimutnya. pas coba-coba mencet, ternyata musti gesek CC dulu (alamaakk ada EDC-nya juga berartiii!!!), wih keren pesawatnya. Dapet makan padahal gak pesen! Makanannya wih, enak. Si Muka Lebar memilih fish rice, ikan dan nasi jahe. Dessertnya dragon fruit, semangka dan pepaya. Minumnya jus. Enaaak! (maklum traveler kere, dapt makan enak dikit aja langsung luluh hatinya). Si Kaki Berbulu bilang Garuda jau lebih bagus. Iya, deh yang FF nasionalis...

Setelah 2 jam perjalanan tibalah di Noi Ba Airport Hanoi. Setelah mengambil barang, keluar bandara dan berusaha mencari Vietnam Airlines Bus jurusan Noi Ba-Vietnam Airlines office. Kenapa gak pick-up? Karena murahan bus Vietnam Airlines 2 USD/person  saja, ditambah karena Hotel kita gak jauh dari kantor Vietnam Airlines. Dan ternyata diluar banyak bus yang tampak meragukan dan mengaku "Vietnam Airlines bus", akhirnya diantara semua yang meragukan pilihan jatuh pada mba-mba yang tag nama dan fotonya menyatu dengan logo Vietnam Airlines  (yang lain tag namanya logo Vietnam Airlines cuma tempelan). Dibayarlah ongkos dengan janji turun di Vietnam Airlines office (berulang-ulang menunjuk lokasi turun dan make sure ke supir tau kita turun disitu, maklum bahasa inggris orang Hanoi jauh lebih terbatas). Hemat juga!

Ternyata setelah 1 jam perjalanan, kita ngikutin perjalanan bus di peta, sudah di dekat tujuan kita cuma kok gak belok, positive thinking mungkin jalan searah, dan muter dulu. Akhirnya setelah muter-muter kami diturunkan.... entah dimana! Omigot! Kami ditipu oleh penipuuu!!!!
Deym!

Tapi gak papa asal hemat

No comments:

Post a Comment